AL FARABI Filosof dan Musikus yang Hebat

Nama lengkap Al Farabi adalah Abu Nashr Muhammad bin Muhammad bin Tarkhan bin Uzlag Al Farabi.mHidup pada tahun 872-941 masehi di kota Farab yang kini dikenal Atrar di Turki. Ayahnya keturunan Persia dan ibu turunan Turki.
Selain bermain Farabi kecil, sangat rajin, dan suka belajar apa saja. Ia sangat suka belajar agama dan bahasa Arab, bahasa Turki dan Parsi. Karena keinginannya untuk maju sangat menggebu, menjelang remaja ia nekat pindah ke Baghdad untuk menuntut ilmu. Kota Baghdad saat itu adalah pusat ilmu yuang tersohor. Disana Farabi belajar Filsafat, logika matematika, etika ilmu politik dan tentu saja musik.
Keinginan Farabi didukung penuh oleh ayah dan ibunya, karena ia tambah bersemangat. Dari Irak ia langsung ke Iran untuk berguru pada ilmuwan besar Yuhana bin Haulan.
Dengan semangat dan ketekunannya, ia mempelajari semua ilmu. Sampai akhirnya ia banyak melahirkan penemuan-penemuan dan buku-buku yang sangat terkenal. Tak heran kalau Farabi dikenal di kalangan ilmuwan Barat maupun Timur. Konon kehebatannya setara dengan filosof Yunani Aristoteles.
Meski ia sangat pandai dan berkedudukan tinngi di Istana Abbasiyah, namun ia tetap memilih hidup bersahaja. Pakaiannya sangat sederhana. Dia pun bergaul dengan siapa saja. Satu kelebihannya ia suka membagi ilmu kepada siapapun. Farabi sering disebut sebagai peletak dasar ilmu musik dan seni. Di masa tuanya waktunya banyak dihabiskan untuk mengajar.

Dikutip dari :majalah ASUH Februari 2005 ( dengan sedikit perubahan.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s